Info Terbaru 2022

Tari Gabor Dari Pulau Dewata Bali

Tari Gabor Dari Pulau Dewata Bali
Tari Gabor Dari Pulau Dewata Bali
Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali | TradisiKita -   Bali memang sungguh kaya, salah satunya dibidang tari tradisional. Tari Bali sangat bermacam-macam dan hampir tiruananya menjadi tari-tarian yang dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun dunia internasional.

Beberapa tari yang dikenal antara lain tari pendet, tari barong, tari kecak dan tari gabor yang ketika ini akan kita kenal  ludang keringh dalam. Tari Gabor merupakan tari tradisional yang berasal dari Pulau Dewata Bali yang pada awalnya ditujukan untuk upacara moral yang bersifat religius atau sakral.

Bagaimana bersama-sama tari gabor ini?mari kita simak bersama artikel mengenai tari gabor dari Pulau Dewata Bali dibawah ini.

Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali

Tari Gabor Bali | http://www.narwastu.org


1. Siapakah Pencipta Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali?

Tari Gabor mempunyai banyak kesamaan dengan tari Pendet. Selain dari asal usulnya yang sama-sama merupakan tarian sakral  dalam sebuah upacara adat, tari bagor juga ditujukan sebagai tari pertunjukan dalam rangka penyambutan tamu.

Tari Gabor ini diciptakan oleh I Gusti Raka pada tahun1969. I Gusti Raka yang berasal dari Saba. Beliau merupakan seorang dosen ASTI Denpasar, kini dikenal dengannama ISI Denpasar. Tarian yang homogen kemudian diubah oleh I Wayan Beratha guru SMKI Denpasar pada tahun 1970. Pada tahun 1972 I Wayan Beratha membuat tarian yang homogen yang dinamakan tari Panyembrama.

 2. Asal Usul Tari Gabor Bali

Asal permintaan tari gabor sanggup dikatakan mempunyai kemiripan atau homogen dengan Tari Pendet. Tapi tidak hanya asal usul,  jenis tari, tata rias dan properti yang dibawa pada ketika menari pada tari gabor mempunyai kemiripan dengan tari pendet. Yang berbeda dari kedua tari ini adalah, pembendaharaan atau variasi gerak dalam Tari Gabor ludang keringh banyak diambil dari gerak-gerak tari upacara ibarat Tari Rejang.

Tari Gabor pada awalnya ditujukan untuk program religius atau kegiatan sakral. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapaTari Gabor dikatakan homogen Tari Pendet. Karena dulunya Tari Pendet juga merupakan salah satu tari sakral pada awalnya, yaitu menggambarkan penyambutan atas turunnya dewa-dewi.
Kemudian pada tahun 1969, I Gusti Raka membuat tari gabor yang awalnya sebagai tari sakral, menjadi sebuah pertunjukan tari yang menghibur dan ditujukan untuk menyambut tamu.

3. Fungsi dan Makna Tari Gabor Bali


Pada awalnya tari Gabor berfungsi sebagai tarian sakral yang dilakukan pada upacara moral di Bali. Namun pada ketika ini, tari Gabor juga berfungsi sebagai tarian penyambut tamu. Hal ini berarti bahwa masyarakat Bali selalu menghormati tamu-tamu yang tiba ke Pulau Dewata.

Menurut penggolongan jenis tari, Tari Gabor termasuk ke dalam jenis tari banyak macam modern.Selain itu, Tari Gabor juga sanggup digolongkan ke dalam jenis tari pertunjukan kalau ditinjau dari fungsinya.

4. Pertunjukan Tari Gabor Bali


Seperti halnya tari Pendet, Tarian Gabor merupakan tarian yang dibawakan oleh sekelompok bakir balig cukup akal putri atau sekelompok wanita. Masing-masing penari membawa bokor yang penuh diberisi bunga sebagai properti. Pada final pertunjukan para penari menaburkan bunga-bunga tersebut kepada penonton.

Adapun gerakan tari Gabor ini ludang keringh  banyak mengambil gerakan tari Rejang

5. Kostum Penari Gabor


Para penari Gabor, memakai baju moral Bali yang khusus dipakai untuk menari. Mengingat Tari Gabor termasuk salah satu tari penyambutan, busana tari yang pada umumnya dipakai ialah warna yang cerah dengan teladan lantai yang diubahsuaikan dengan banyak macam masing-masing instruktur atau akad dari para penarinya sehingga terlihat rapi dan indah.

6. Musik Pengiring Tari Gabor Bali


Musik Pengiring tari Gabor ialah seperangkat alat musik tradisional Bali yang kita kenal dengan gamelan Bali 

7. Video Tari Gabor


Berikut ini ialah video tari Gabor Bali :



Demikian Sobat tradisi, klarifikasi mengenai tari Gabor Bali. Semoga berkhasiat.  
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90