Info Terbaru 2022

Pakaian Adab Indonesia Bab 4

Pakaian Adab Indonesia Bab 4
Pakaian Adab Indonesia Bab 4
Pakaian Adat Indonesia Bagian 4 | TradisiKita - Pada kesempatan ini kita akan mengenal bermacam-macam pakaian adat Indonesia yang terdapat di Pulau Kalimantan. Seperti yang kita tahu bahwa Pulau Kalimantan yang masuk ke wilayah Indonesia terdiri dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Penduduk orisinil Kalimantan ialah suku dayak yang terdiri dari aneka macam sub suku. Masing-masing sub suku tersebut mempunyai bermacam-macam adat dan budaya, tidak terkecuali kekhasan baju adat nya. Dan diberikut citra singkat mengenai baju adat Indonesia yang ada di Wilayah Pulau Kalimantan.

Pakaian Adat Kalimantan


Pakaian adat Kalimantan yang merupakan salah satu bentuk faktual peradaban dan kebudayaan suku Dayak di Kalimantan ini cukup beragam, yaitu :

1. Pakaian Adat Kalimantan Barat


Suku dayak yang ada di Kalimantan Barat mempunyai sebutan yang unik yaitu King Baba dan King Bibinge. King dalam bahasa setempat berarti baju, sedangkan Baba artinya pria dan Bibinge berarti perempuan.

Uniknya, baju adat Kalimantan Barat ini dibuat dari kulit kayu ampuro yang dipukul-pukul memakai palu bundar didalam air, sampai tersisa serat-seratnya saja.
Sesudah lentur, kulit tersebut lalu dijemur dan dihias dengan lukisan-lukisan etnik khas Dayak memakai materi pewarna alami. Olahan kulit kayu tadi dibuat sedemikian rupa sehingga mirip pakaian yang sanggup digunakan oleh pria dan wanita dari suku dayak di Kalimantan Barat.


Untuk Sobat yang ingin mengenal baju adat Kalimantan Barat, sanggup membaca artikelnya dari tautan ini.

2. Baju Adat Kalimantan Selatan


Beda di Kalimantan Barat, beda juga baju adat Kalimantan Selatan. Di Kalimantan Selatan kita sanggup menemui 4 baju adat yang disebut dengan bagajah gamuling baular lulut , baamar galung pancaranan matahari , babaju kun galung pacinan dan babaju kubaya panjang. Setiap jenis baju adat Kalimantan Selatan tadi mempunyai fungsi tersendiri sehingga digunakan pada program adat tertentu.


Untuk Sobat yang ingin tau mirip apa ke 4 baju adat tadi, silahkan baca artikelnya disini.

3. Baju Adat Kalimantan Tengah

Suku dayak ngaju yang berada di Kalimantan Tengah merupakan sub etnis terbesar dari suku dayak yang ada khususnya di Provinsi yang diberibukota di Kota Palangkaraya.

Adapun baju adat Kalimantan Tengah yang merupakan baju suku adat dayak ngaju terdiri dari beberapa jenis. Namun pada ketika ini baju adat ini sudah jarang dan susah ditemukan sebab kemajuan teknologi yang memdiberikan kegampangan masyarakat mendapat baju modern ketika ini.

Namun demikian kita masih sanggup mengetahui aneka macam baju adat Kalimantan Tengah tersebut dari beberapa sumber yaitu baju sangkarut, upak nyamu, baju pawang, baju tenunan, anyaman tikar dan baju berantai.

Seperti apa baju adat Kalimantan Tengah tadi? simak pada artikel ini.

4. Baju Adat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

Kalimantan Utara merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Makanya tidak heran bila banyak adat istiadar, atau tradisi yang hampir sama. Tidak terkecuali pada pakaian adatnya. Kalimantan Timur ataupun Kalimantan Utara yang penduduk aslinya ialah suku dayak, mempunyai beberapa macam baju adat.

Diantara baju adat di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur ini antara lain baju ta'a, sapei sapaq dan bulang kuurung. Nah mirip apa baju tersebut? Silahkan Sobat kunjungi halaman ini dan itu


Demikian Sobat Tradisi, rangkuman beberapa baju adat dari Kalimantan yang menjadi rangkaian artikel mengenai pakaian adat Indonesia. Untuk Sobat tradisi yang ingin mengenal pakaian adat lainnya di Indonesia, sanggup mengunjungi artikel baju adat, dari link dibawah ini :



Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5

Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90