Info Terbaru 2022

6 Senjata Tradisional Jawa Tengah

6 Senjata Tradisional Jawa Tengah
6 Senjata Tradisional Jawa Tengah
6 Senjata Tradisional Jawa Tengah | TradisiKita - Indonesia mempunyai bermacam-macam senjata tradisional yang sebagian masih ada hingga ketika ini. Walaupun sebagian besar dari senjata-senjata tersebut telah berubah peruntukannya, namun setidaknya masih tetap lestari di bumi pertiwi

Salah satu pola bergesernya evaluasi suatu senjata antara lain pada ketika ini beberapa senjata telah dijadikan sebagai hiasan/hiasan, sebagai ketidak ada yang kurangan upacara adat, sebagai aksesoris busana pengantin dan sebagainya.

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan pertamakali senjata tradisional tersebut dibuat. Pada masa kemudian senjata tradisional dipergunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, berburu atau bercocok tanam.

Pada kesempatan ini, kita akan mengenal Senjata Tradisional Jawa Tengah. Nama senjata tradisional dari Jawa Tengah ini mungkin saja berbeda, namun juga tidak menutup kemungkinan bentuknya sama dengan senjata di kawasan lain.

Senjata Tradisional Jawa Tengah


 Indonesia mempunyai bermacam-macam senjata tradisional yang sebagian masih ada hingga ketika ini 6 Senjata Tradisional Jawa Tengah
Proses pembuatan senjata tradisional Jawa Tengah
Berdasarkan info yang berhasil kami himpun, setidaknya terdapat 6 senjata tradisional Jawa Tengah, dengan nama-nama dibawah ini :

1. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Keris

Keris merupakan senjata tradisional yang sudah sangat dikenal dan banyak dipakai khususnya di Indonesia. Senjata dengan bentuk lekukan yang khas ini tidak hanya berfungsi sebagai senjata untuk berperang atau mempertahankan diri. Ludang keringh dari itu, senjata keris juga di gunakan sebagai lambang jati diri, baik untuk diri sendiri, untuk keluarga ataupun untuk suku. Dalam kepemilikannya, keris milik raja tidaklah sama dengan bawahan dan rakyaktnya. Berbeda dari bilah kerisnya, juga berbeda dari perhiasan-perhiasan piranti petidak ada yang kurang juga berbeda.

Dalam pembuatannya, keris dibentuk oleh beberapa empu pembuat keris semenjak zaman berlalu dan silam. Kombinasi materi dasar pada materi baja dan meteorit, dengan memakai teknik tempa lipat, menyebabkan indah pada fisik keris yang sudah terbentuk.





2. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Wedhung

Wedhung ialah merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang barangkali masih kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, tidak menyerupai halnya keris. Bentuk dari senjata tradisional wedhung ini hampis sama menyerupai pisau yang mempunyai satu mata bilah yang sangat tajam. Dia ditidak ada yang kurangi dengan serangka yang terbuat dari kayu jati.

Wedhung yang merupakan senjata tradisional Jawa Tengah dipengertian dan penjelasani sebagai kesiapan abdi dalem kepada raja yang sedang berkuasa.


Wedhung ternyata tidak hanya dijumpai di Jawa Tengah saja, melainkan beberapa kawasan lain menyerupai Bali dan Cirebon. Belum diketahui niscaya kapan awal dibuatnya model wedhung, akan tetapi jikalau dilihat dilapangan banyak ditemukannya type menyerupai wedhung dialiran sungan brantas dan cirebon kemungkinan sudah ada sekitar kala 10 an dimana wedhung berkembang pada era Demak. Bahwa wedung ialah senjata trendi masa itu itu terbukti terdapat sebuah kampung namanya desa Wedung, sejarahnya tempat memproduksi wedung, di wilayah Demak.

3. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Tombak

Salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang banyak dipakai pada masa kemudian khususnya oleh para prajurit kerajaan ialah tombak. Bahkan hingga dengan ketika ini senjata tombak ini masih banyak dipakai oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai senjata keramat. Sebut saja salah satunya ialah senjata tombak kyai plered.


4. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Thulup

Thulup atau tulup merupakan senjata tradisional masyarakat Jawa Tengah. Namun tidak hanya di Jawa Tengah, beberapa kawasan juga mempunyai senjata yang dipakai dengan cara ditiup. Sebut saja di masyarakat Kalimantan maupun suku sasak di Lombok. Mereka memakai senjata homogen dengan nama yang berbeda.

Fungsi utama dari senjata ini ialah untuk menyerang dari jarak jauh, menyerupai halnya busur dan anak panah.


5. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Condroso

Condroso merupakan salah satu senjata masyarakat Jawa termasuk Jawa Tengah. Namun senjata ini hanya dipakai oleh kaum wanita. Hal ini alasannya ialah bentuk senjata condroso yang berbentuk tusuk konde yang biasanya diselipkan di rambut / konde.

Senjata diam-diam kaum perempuan ini cukup mematikan alasannya ialah terbuat dari besi dengan ujung yang tajam sehingga sanggup melukai orang yang tekenanya. Senjata ini biasanya tidak dipakai pada pertempuran terbuka, namun dipakai pada keadaan darurat saja, terutama untuk menjaga harkat dan martabat kaum wanita.


6. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Plintheng

Senjata tradisional Jawa Tengah yang terakhir akan kita kenali ialah plinteng. Plintheng juga alat untuk berburu binatang. Pegangan plintheng terbuat dari kayu, sedangkan talinya memakai homogen karet (pentil). Plintheng dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dengan nama ketepel/ katepel.

Demikian Sobat Tradisi, 6 senjata tradisional Jawa Tengah yang sanggup kita ketahui bersama. Semoga artikel mengenai nama-nama senjata tradisional dari Jawa Tengah tadi sanggup memberi manfaat bagi kita tiruana.

Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya, tetap di www.tradisikita.my.id

Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90