Info Terbaru 2022

5 Makanan Khas Purwakarta

5 Makanan Khas Purwakarta
5 Makanan Khas Purwakarta
5 Makanan Khas Purwakarta | tradisikita.my.id - Hai Sobat ... 😀 pernahkah Sobat berkunjung ke Purwakarta? Kalau Sobat kebetulan sering atau mungkin gres mau ke Purwakarta, dapurkita ada info seputar masakan nih, kuliner khas Purwakarta. Makara kalau Sobat berniat jalan-jalan ke Purwakarta, Sobat sudah tahu yang harus Sobat cari berkaitan dengan kuliner khas Purwakarta.

Sebelum info Makanan Khas Purwakarta kita lanjutnya, ada baiknya Sobat mengenal tempat Purwakarta. Purwakarta yaitu nama Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bab Utara dan sebagian wilayah Barat, Kabupaten Subang di bab Timur dan sebagian wilayah bab Utara, Kabupaten Bandung Barat di bab Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bab Barat Daya. Ibukota Kabupaten Purwakarta terletak di Kota Purwakarta tidak rapat kurang ludang kecepeh 80 KM sebelah timur Jakarta. Kabupaten Purwakarta pernah menjadi pemmemberikantaan nasional knorma dan budpekerti terjadi perselisihan pembuatan patung-patung oleh Bupati Purwakarta Bapak H. Dedi Mulyadi.

Diluar perselisihan yang terjadi di Kabupaten Purwakarta, ternyata Kabupaten Purwakarta menyimpan resep warisan yang menjadi ciri khas masakan Kabupaten Purwakarta. Dan memberikankut ini dapurkita akan merangkum kuliner khas Purwakarta sebagai acuan untuk teman yang ingin berkunjung ke Kabupaten Purwakarta

1. Makanan Khas Purwakarta - Sate Maranggi Purwakarta

Kalau selama ini kita mengenal sate madura sebagai makanan khas Jawa Timur, di Purwakarta ada masakan sate namun dengan ciri khas dan rasa istimewa yang berbeda dari sate lainnya. Namanya sate maranggi. Yang membedakan sate maranggi dengan sate madura atau sate lainnya yaitu pengolahan sate yang direndam berlalu dan silam dalam air bumbu sebelum dibakar. Bumbu untuk merendam sate maranggi terdiri dari kecap manis dan beberapa jenis rempah, menyerupai jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, plus sedikit cuka untuk memmemberikankan sedikit rasa masam. Dengan meresapnya bumbu tadi, maka sehabis dibakar sate tidak perlu saus atau sambal kacang lagi.

Sate Maranggi biasanya disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat segar untuk membuat paduan rasa yang memberikanmbang antara rasa daging yang gurih, tomat yang masam, dan bawang yang pedas, membuat citarasa Sate Maranggi Purwakarta menjadi kuliner khas pertama yang wajib Sobat coba.
Sate Maranggi | gambar : http://id.openrice.com/

Untuk mendapat sate maranggi di Purwakarta Sobat bisa mengunjungi salah satu warung makan di tempat Jl. Raya Cibungur (Bungursari) - Purwakarta yaitu Sate Maranggi Cibungur. Sate maranggi Cibungur yang buka mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam ini menyediakan banyak sekali masakan menyerupai sate maranggi yang terdiri dari sate ayam, sapi dan kambing, sop daging, ikan bakar dan karedok serta beberapa macam minuman. Minuman yang khas di Sate Maranggi Cibungur yaitu es kelapa muda.

Sate Maranggi Cibungur 

2. Makanan Khas Purwakarta - Soto Sadang Purwakarta

Soto yaitu kuliner khas yang sudah sangat dikenal dan banyak dipakai di Indonesia. Namun demikian setiap tempat mempunyai banyak sekali jenis soto yang khas, menyerupai soto betawi, soto lamongan, soto bandung de el el. Sedangkan di Purwakarta, ada jenis soto orisinil Purwakarta yang telah dirintis semenjak tahun 1970-an. Namanya yaitu soto sadang.

Walaupun dikala ini banyak sekali warung makan yang menyediakan hidangan soto sadang, tapi untuk Sobat dapurkita yang kebetulan berkunjung ke Kota Purwakarta, Sobat bisa menemukan Soto sadang ASLI atau pencetus soto sadang Purwakarta sebagai salah satu kuliner khas Purwakarta di Jalan Veteran / Jembatan Layung Sadang Purwakarta.

Menu soto sadang sebagai kuliner khas Purwakarta terdiri dari soto bening dan soto santan. Ciri khas soto sadang ini terletak pada rasa kaldu / kuah sotonya yang gurih. Seperti umumnya soto, kuliner khas Purwakarta yang satu ini disajikan pula dengan acar mentimun, sambal dan jeruk limau.

Soto Sadang | gambar : http://food.detik.com

3. Makanan Khas Purwakarta - Simping Purwakarta

Untuk masyarakat Jawa Barat niscaya sudah tidak aneh lagi dengan simping. Tapi mungkin tidak tiruana tempat ada buah tangan simping nya, hanya beberapa tempat menyerupai Karawang atau di Garut. Namun di Purwakarta, simping sangat memperringan dan sepele ditemukan dan menjadi kuliner serta buah tangan khas yang banyak dijual dipusat buah tangan dan kuliner Purwakarta. 

Simping yaitu kudapan berbentuk bundar pipih, terbuat dari tepung terigu yang dimemberikan beberapa bumbu. Pada umumnya simping berwarna putih, namun sekarang aneka rasa simping tersedia dengan bermacam-macam warna menarik. Simping memang merupakan kuliner khas Purwakarta yang bisa menjadi barang bawaan dan buah tangan bagi Sobat yang berkunjung di Purwakarta. Untuk duduk kasus harga sendiri satu bungkus simping rata-rata dijual seharga 10 ribu rupiah.

Tempat yang bisa Sobat kunjungi untuk mendapat simping yaitu di tempat Kaum (Kota Purwakarta) salah satunya di  Jalan Mr. Dr. Kusuma Atmaja Kota Purwakarta. Atau bila Sobat beruntung, Sobat bisa juga mendapat di rumah makan yang kebetulan disinggahi knorma dan budpekerti berkunjung ke Purwakarta.

Simping Kaum Purwakarta | gambar http://purwakarta-tourism.com/



4. Makanan Khas Purwakarta - Es Ciming Purwakarta

Kuliner selanjutnya yang menjadi kuliner khas Purwakarta adalah es ciming. Es Ciming yaitu minuman es yang diracik sederhana dengan adonan materi dawet hijau, cincau hitam, serutan kelapa, kacang hijau yang sudah matang, kemudian diuruk es serut yang sudah lembut dan disuguhkan dalam gunungan pada sebuah mangkuk Cina. Baru kemudian, Es Ciming akan tidak ada yang kurang sehabis disiram sirup manis dan susu.

Es Ciming sanggup Sobat temukan di Jl. Jenderal Sudirman No.117, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Dan yang perlu dicatat bahwa es ciming ini tidak buka ditempat lain. Sehingga memang es ciming telah menjadi kuliner khas Purwakarta.

Kedai es ciming buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam ini juga menyediakan kuliner lain menyerupai batagor hingga empek-empek. Es Ciming sangat cocok dinikmati knorma dan budpekerti siang hari maupun sebagai hidangan takjil atau hidangan buka puasa.

Es Ciming Purwakarta - Gambar : http://www.wisatajabar.com/


5. Makanan Khas Purwakarta - Peuyeum Bendul Purwakarta

Seperti halnya Peuyeum Bandung yang menjadi makanan khas Bandung, di Purwakarta juga sanggup kita temukan peuyeum yang sejenis. Namun yang unik dan membuat kuliner ini disebut peuyeum bendul adalah alasannya yaitu dijual disepanjang jalan raya Bendul Purwakarta. Jika anda dari Purwakarta, gugusan ruko yang menjual peuyeum bendul sanggup ditemui di sepanjang jalan menuju arah Bandung (sekitar 15 km). Tak tanggung-tanggumg, ruko yang menjual peuyeum ini panjangnya hingga dengan 2 km. Peuyem Bendul ini menjadi salah satu alternatif untuk dibawa sebagai oleh-oleh makanan khas Purwakarta


Nah itu beliau Sobat, 5 kuliner khas Purwakarta yang bisa Sobat kunjungi atau beli buat oleh-oleh...
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90