Info Terbaru 2022

35 Makanan Khas Jawa Barat

35 Makanan Khas Jawa Barat
35 Makanan Khas Jawa Barat
35 Makanan dan Minuman  Khas Jawa Barat | www.tradisikita.my.id - Siapa yang belum pernah ke Bandung??? Aduh... nyesel banget kalau hingga sobat dapur lover belum pernah mampir ke Bandung. Karena Bandung ialah gudangnya kuliner, Sobat!!. Banyak sekali kedai kuliner dan minuman di Bandung, baik yang menjual kuliner dan minuman khas Bandung, maupun yang khas tempat diluar Bandung. Namuuun alasannya berhubung dan menimbang bahwa kuliner tersebut dijualnya di kota Bandung, maka dikenalah istilah makanan khas kota Bandung.

Walupun contohnya kuliner tersebut asalnya dari Garut. Ini sah-sah saja sih Sobat, selain Bandung sebagai ibukota Jawa Barat, Bandung juga menjadi pusat ekonomi di Jawa Barat dimana para pedagang dari aneka macam tempat di Jawa Barat membuka perjuangan di Kota Bandung

Bandung memang kota kreatif (termasuk penulis ya... :D). Kreatifitas warga Bandung tersebut ada ditiruana bidang, termasuk kreatifitas dibidang kuliner. Satu materi saja, bisa berubah menjadi dan bermetamorfosa menjadi aneka macam kuliner yummy menggugah selera. Ga percara?? Contoh kecil saja ya, Sobat tahu kan Aci?. Iya aci ialah tepung yang dibuat dari singkong/tapioka/kanji. Nah...dari materi yang disebut aci atau tepung tapioka ini, bisa dibuat aneka macam olahan dan kuliner khas Bandung a.k.a Jawa Barat  lho Sob. Ada Cilok (Aci dicolok), Cimol (aci digemol) dan Cireng (aci digoreng). Uniknya lagi,  1 jenis kuliner contohnya saja cilok bisa disajikan dengan aneka macam penemuan dan variasi. Ada cilok dengan bumbu/kuah kacang, kuah saos, mayonnise, dan isi ciloknya juga bisa bermacam macam, ada yang daging ayam, daging/gajih sapi atau yang tanpa isi. Hmmmm benar-benar kreatif bukan??

Makin ingin tau bukan dengan kuliner dan minuman khas Jawa Barat yang ada di Kota Bandung? sepakat Sobat dapur lover.. kita mulai saja petualangan masakan kita di Bandung untuk menggali dan mencoba sendiri makanan khas Jawa Barat...

35 Makanan dan Minuman  Khas Jawa Barat

1. Cilok

Cilok merupakan singkatan dari 2 kata "Aci dicolok" yang artinya Aci ditusuk. Memang cara menyajikan atau memakan kuliner ini selalu memakai tusuk serupa tusuk sate yang dibuat dari bambu. Uniknya lagi, cilok yang ada di Bandung telah mengalami pengembangan ditangan-tangan dapur lover yang kreatif dan inovatif. Ada cilok tanpa isi, cilok isi telur, cilok isi daging ayam dan cilok daging sapi. Bumbu atau kuah cilok pun bervariasi sesuai selera. Ada yang bumbu kacang, saus atau saus mayyonise. Rasanya.... gurih, kenyal, empuk... Rugi banget kalau Sobat berkunjung ke Bandung, tidak mencoba kuliner khas Jawa Barat ini.

Makanan Khas Bandung - Cilok bumbu kacang

 2. Cimol

Cimol yang merupakan kuliner khas Jawa Barat ini, juga merupakan singkatan dari 2 kata "Aci Digemol". Cimol artinya tepung kanji yang dicubit dan dibulat-bulat.. hampir2 menyerupai dengan cilok, tapi cimol biasanya tanpa isi dan pengolahannya digoreng. Penyajian cimol ada yang bumbu kering dan ada yang bumbu basah, biasanya dimakan dengan cara ditusuk dengan tusuk bambu yang pendek menyerupai tusuk gigi. Makan cimol paling enak pada ketika hangat-hangat.


 3. Cireng

Cireng (Aci Goreng) merupakan kuliner khas Sunda / Jawa Barat yang terbut dari adonan tepung kanji dan tepung terigu kemudian digoreng. Makanan khas Jawa Barat ini juga banyak mengalami penemuan dari segi bentuk maupun isi yang ada meliputi daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan penemuan tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya ialah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara.


4. Colenak

Colenak merupakan kuliner khas Bandung Jawa Barat yang terbuat dari tape singkong / peuyem bandung yang diolah dengan cara dibakar diatas bara arang serta didiberi parutan kelapa dengan gula merah cair. Kata Colenak sendiri berasal dari kalimat "Dicocol Enak" Dicocol artinya dicelupkan, yaitu peyeum bakar yang dicelupkan kedalam kinca (air gula merah) dengan parutan kelapa muda. Colenakpun ketika ini telah mengalami modifikasi dan penemuan rasa mulai dari rasa durian, pandan maupun strowberry.


5. Sorabi

Sorabi atau surabi merupakan  kuliner khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras yang dicampur santan dan parutan kelapa, kemudian dibakar dalam wadah khsusus. Dari segi rasa sorabi ini tersedia dalam aneka macam pilihan mulai dari rasa pedas dengan toping sambal oncom, anggun dengan aneka macam toping menyerupai coklat, susu dll dan rasa gurih.

Sorabi | gambar : http://www.bango.co.id

6. Seblak

Seblak merupakan kuliner pedas dan gurih yang terbuat dari materi kerupuk berair (kerupuk yang disiram air kepanasan) dengan adonan sayuran dan materi protein lain menyerupai ayam, telur, udang dll. Seblak memakai bumbu-bumbu menyerupai bawang merah, bawang putih, bawang, kencur, cabai rawit dan bumbu2 lainnya. Seblak yang merupakan kuliner khas Bandung ini juga mempunyai aneka macam variasi antara lain Seblak basah: seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak baso , seblak basreng ( baso goreng ) , seblak batagor , seblak aci , seblak kwetiaw , seblak siomay , seblak snack dll.

Seblak | gambar : kulineri.com

7. Batagor

Batagor ialah kuliner khas Bandung Jawa Barat dibuat dari baso tahu digoreng dan didiberi bumbu kacang.  Baso disini bisa merujuk pada siomay atau aci yang dibuat bundar sedangkan tahunya sendiri diisi dengan adonan ikan tenggiri dan aci. Kedua materi tadi digoreng hingga kecoklatan dan disajikan dengan didiberi bumbu kacang, kecap dan didiberi air perasan jeruk nipis.

8.  Combro

Combro atau Comro ialah abreviasi dari kata "Oncom Dijero" yang artinya oncom didalam. Makanan khas Jawa Barat ini memang mengandung oncom yang ada didalam parutan singkong dan kelapa parut yang digoreng. Bentuk comro pada umumnya bundar dengan rasa yang gurih dan terasa pedas sehabis sambal oncom didalamnya terasa dilidah.

9. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon merupakan masakan khas Kota Bandung Jawa Barat. Perkedel yang berbahan dasar kentang ini dulunya disebut perkedel Kostes. Namun lama-kelamaan orang-orang menyebutnya perkedel Bondon alasannya perkedel ini hanya dijual menjelang tengah malam. Layaknya “bondon” yang dalam bahasa sunda ialah pelacur. Dulu sebelum krisis moneter, pelanggan perkedel ini kebanyakan wanita-wanita yang pulang dari diskotik. Pada umumnya perkedel dimakan sebagai lauk nasi, namun perkedel bondon yang dijual didaerah stasiun hall selatan initetap enak dimakan eksklusif knorma dan sopan santun hangat.

 

10. Misro

Berbeda dengan Combro, Misro terasa anggun didalam. Yap, Misro ialah abreviasi dari "Amis dijero" alias anggun didalam. Misro biasanya dibuat dari umbi jalar yang dibuat bundar dengan gula merah didalamnya, kemudian digoreng. Misro ini merupakan salah satu kuliner khas dari Bandung dan Jawa Barat

 nyesel banget kalau hingga sobat dapur lover belum pernah mampir ke Bandung 35 Makanan Khas Jawa Barat
Misro | gambar : mangcook.com

11. Banros

Bandros ialah merupakan jajanan khas Bandung dan Jawa Barat. Makanan ini bentuknya menyerupai pukis alasannya dicetak diatas cetakan yang sama. Hanya saja adonan bandros terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan santan. Rasa bandros ada yang anggun dan juga asin tergantung selera pemesannya.  Dalam hal Inovasi, bandros ketika ini tersedia dalam rasa keju, coklat dan bandros susu.

Bandros Bandung | gambar : kotakami.com

12. Awug Beras

Awug ialah salah satu kuliner khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kelapa muda parut. Di Kota Bandung yang dikenal ialah Awug Cibeunying.


13. Longah / Ali Agrem

Ali Agrem ialah jajanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras, kelapa parut dan gula merah. Ali Agrem juga dikenal dibeberapa tempat sebagai longah (bolong tengah) alasannya memang bentuk ali agrem yang bundar dan terdapat lobang ditengahnya menyerupai cincin.


14. Burayot

Burayot ialah salah satu kuliner khas dari Garut Jawa Barat. Burayot merupakan ciptaan dan penemuan dari kuliner ringan anggun ali agrem namun dengan bentuk yang berbeda. Bentuk kuliner ringan anggun ini menyerupai namanya ialah "ngaburayot" yang artinya keriput dan menggantung kebawah.

Burayot kuliner khas Garut

15. Wajit Cililin

Wajit Cililin merupakan kuliner anggun yang terbuat dari beras ketan putih, kelapa parut dan gula merah dibungkus dengan kulit jagung. Wajit Cililin berasal dari tempat Cililin Kabupaten Bandung Barat, tapi banyak dijajakan pula di pusat buah tangan di Kota Bandung.


16. Basreng

Basreng ialah singkatan dari bakso goreng, kering renyah crispy yang garing kriuk. Basreng terbuat dari baso ikan Tenggiri, bukan baso sapi, yang digoreng garing secara tradisional memakai kayu bakar dengan adonan ramuan materi alami sehingga menghasilkan keripik basreng yang renyah, gurih & tahan usang tanpa memakai pengawet serta beraroma khas daun jeruk.Basreng tersedia dalam rasa gurih dan pedas dan merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat.

17. Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan kuliner khas dari Bandung Jawa Barat. Tempe diiris tipis dan digoreng dengan adonan rempah bumbu mengakibatkan keripik tempe ini garing, kriuk dan gurih. Keripik tempe ini banyak dijual didaerah terminal leuwipanjang dan Pasar Baru dan diberbagai tempat penjualan buah tangan Bandung lain menyerupai di Cibaduyut, Cihampelas dan Pasteur.

18. Keripik Oncom

Sama dengan keripik tempe, keripik oncom goreng juga banyak dijual di tempat Leuwipanjang, Pasar Baru dan tempat buah tangan Cibaduyut, Cihampelas dan Pasteur. Sesuai dengan namanya, keripik oncom dibuat dari materi oncom yang digoreng tipis.

19. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung ialah kuliner yang khas dari Bandung berupa olahan singkong yang telah difermentasi. Penjual peuyeum Bandung ini banyak terdapat didaerah pusat oleh-oleh. Peuyeum bandung dijual dan dipajangkan dengan cara digantung.

20. Pisang Bolen Kartika Sari

Pisang Bolen memang kuliner khas Indonesia tapi kartika sari cuma ada di Bandung. Oleh-oleh khas Bandung ini sanggup Sobat beli di toko /outlet kartika sari Dago, Buah batu, Kebon Jukut, Antapani maupun di tempat Cimahi.


21. Brownis Amanda

Selain Bolen Pisang, brownis kukus khas Bandung dengan brand Amanda sudah menjadi salah satu ciri khas buah tangan dari Bandung. Selain dioutlet Amanda, brownis kukus Amanda sanggup ditemukan juga di pusat buah tangan Bandung.


22.  Mie Kocok Bandung

Berkunjung ke Bandung harus nyoba lezatnya mie kocok Bandung. Beberapa Mie Kocok Bandung yang dikenal antara lain :
  • Mie Kocok SKM di Jalan Sunda No. 38, 
  • Mie Kocok SKM ini sudah bangkit semenjak 1970. 
  • Mie Kocok Mang Dadeng yang berlokasi di Jalan Banten 67 (Dekat Hotel Horizon / RS Muhammadiyah BDG), 
  • Mie Kocok Persib yang berlokasi di Stadion usang Persib Jl A Yani, 
  • Mie Kocok Kemuning Jl. Kemuning No. 20 dan 
  • Mie Kocok Pa Enco yang lokasinya di Depan Toko Kartikasari Kebon Kawung Bandung

23. Lotek

Lotek merupakan kuliner khas Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Lotek ialah sayuran yang direbus kemudian didiberi bumbu sambal kacang. Adapun memakan lotek bisa dengan lontong maupun nasi tidak lupa petidak ada yang kurang kerupuknya. Lotek Bandung hampir menyerupai dengan pecel di tempat Jawa Tengah/Jawa Timur.
Lotek Khas Bandung - gambar : santapsedap.com

24. Karedok

Berbeda dengan lotek, karedok yang juga merupakan kuliner khas Jawa Barat memakai sayuran mentah sebagai bahannya.


25. Karedok Leunca

Leunca atau Ranti atau dalam bahasa latinnya Solanum Ningrum L. merupakan jenis flora terung-terungan yang buahnya dikenal sebagai sayuran maupun obat-obatan. Ditangan orang Bandung, Leunca sanggup dibuat karedok yang sedap dan khas Bandung.



26. Tutut

 Tutu ialah homogen keong yang hidup hanya di air di sawah atau kolam ikan. Ditangan orang sunda, tutut bisa menjadi kuliner yang yummy yang dimasak dengan bumbu kuning. Cara memakan tutut disedot satu persatu atau dengan memakai tusuk gigi. Penjual tutut Bandung hanya ada di beberapa tempat saja, menyerupai di Rumah Sosis Lembang, floating market, di pasar kaget tempat Punclut, di jual dimobil diruas jalan Soekarno Hatta Bandung, dan beberapa rumah makan khas Sunda.


27. Nasi Tutug Oncom


Nasi Tutug Oncom atau dalam bahasa Sunda disebut Sangu Tutug Oncom  sering disingkat Nasi T.O ialah kuliner yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian kuliner ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis kuliner yang dikenal dengan nama tutug oncom.


28. Kupat Tahu


Meskipun namanya kupat tahu, namun bergotong-royong isinya bukan hanya ketupat dan tahu, toge pun ada didalamnya. Bumbu kupat tahu ini ialah bumbu kacang dan kerupuk / emping yang menyempurnakan rasa dan penampilan dari ketupat dan tahu tersebut. Kupat tahu banyak dijajakkan di pinggir-pinggir jalan di Bandung pada pagi hari. Ini mengambarkan bahwa kupat tahu ini sangat pas sebagai sajian sarapan.


29. Ulukutek Leunca

Ulukuteuk Leunca merupakan kuliner khas Bandung dan Jawa Barat yang banyak disajikan di rumah makan khas Sunda. Ulukuteuk lenca terbuat dari oncom dan leuncca. Nama ulekutek berasal dari cara pembuatannya dengan cara di ulek atau di tumbuk, sedangkan kutek berasal dari bahasa sunda yang artinya diaduk. Ulekutek oncom mempunyai cita rasa yang khas dengan rasa manis, asam, dan gurih.


30. Rujak Cuka

Rujak cuka ialah kuliner khas Bandung bahkan ada yang menyebutnya asinanan Bandung. Rujak cuka ialah kuliner segar yang terbuat dari aneka sayuran dan buah dengan bumbu rujak yang asam dan pedas.


 

31. Gepuk

Gepuk ialah kuliner khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan. kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut.Kemudian sebelum disajikan, gepuk yang mempunyai rasa gurih dan sedikit anggun ini digoreng hingga kecoklatan.

32. Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan sajian masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Nasi Timbel merupakan nasi yang dibungkus daun pisang. Biasanya sajian nasi timbel yang disajikan di rumah makan khas sunda merupakan paket sajian nasi timbel, ayam, tempe, tahu, ikan asin, sambel dan lalap.

33. Minuman Khas Jawa Barat - Bandrek

Bandrek ialah minuman khas Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Minuman serbat dibuat dari materi dasar jahe, gula merah dan rempah-rempah lainnya dengan tujuan untuk menghangatkan badan. Tidak heran jikalau minum serbat sangat cocok disajikan pada ketika cuaca hambar atau pada demam isu hujan. Saat ini sudah banyak variasi serbat instan yang bisa eksklusif diseduh dengan air kepanasan.

34. Minuman Khas Jawa Barat - Bajigur

Seperti minuman bandrek, bajigur juga merupakan minuman tradisional khas Sunda Jawa Barat. Bahan utamanya ialah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Untuk menikmati secangkir bajigur biasanya ditemani kuliner dan kuliner ringan anggun tradisional seperti katimus, kacang rebus, ubi jalar dan lain-lain.

35. Minuman Khas Jawa Barat - Es Goyobod

Es goyobod ialah minuman hambar khas Jawa Barat. Minuman ini menyerupai dengan es campur namun dengan komplemen goyobod yang terbuat dari aci kawung. Es Goyobod sanggup ditemukan dengan simpel di Kota Bandung.

 nyesel banget kalau hingga sobat dapur lover belum pernah mampir ke Bandung 35 Makanan Khas Jawa Barat
Es Goyobod | gambar :www.resepnikmat.com
Demikian Sobat dapur lover.. 35 kuliner dan minuman khas Bandung Jawa Barat. Tentu saja masakan dan kuliner khas di Bandung tidak hanya itu Sobat, tapi masih banyak lagi, contohnya saja olahan tahu yang belum kami ulas, mulai dari tahu lembang, tahu susu, tahu crispy dll. Mungkin lain kali kita akan membahasnya tersendiri.

Semoga isu mengenai 35 kuliner dan minuman khas Bandung Jawa Barat ini bisa jadi rujukan bagi Sobat yang mau liburan ke Bandung.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90