Info Terbaru 2022

34 Pakaian Sopan Santun Indonesia Bab 3

34 Pakaian Sopan Santun Indonesia Bab 3
34 Pakaian Sopan Santun Indonesia Bab 3
34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 3 | TradisiKita - Indonesia memang mempunyai bermacam-macam kekayaan yang luar biasa. Dari mulai kekayaan alam sampai kekayaan tabiat dan budayanya. Salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia yang terdiri dari 34 Provinsi di Indonesia yaitu baju adatnya. Baju tabiat atau pakaian tabiat Indonesia ini mempunyai penilaian-penilaian yang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan yang kemudian kita sudah mengenal bermacam-macam pakaian tabiat dari pulau Sumatera dan Jawa. Dan pada artikel 34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 3 ini, kita akan mengenal bermacam-macam pakaian tabiat Indonesia khususnya dari Kepulauan Nusa Tenggara, Bali dan Papua.

17. Pakaian Adat Bali


Kemegahan, keagungan yaitu salah satu kesan dari banyak sekali baju tabiat khas Bali. Sebut aku payas agung, payas jangkep, payas madya dan payas alit yaitu nama-nama jenis pakaian tabiat yang dipakai masyarakat Bali pada acara-acara tertentu. Acara dimaksud contohnya pada ketika pesta pernikahan, sepasang pengantin Bali memakai payas agung. Pada ketika upacara adat, masyarakat jangkep sedangkan dalam kehidupan sehari-hari dipakai pakaian payas madya dan alit.
 Untuk mengenal ludang kecepeh jauh mengenai pakaian tabiat Bali ini silahkan Sobat kunjungi halaman ini dan simak juga galeri foto baju tabiat Bali tersebut.

18. Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat (NTB)


Selain mempunyai keragaman kain tenun khas NTB, ternyata provinsi ini juga kaya akan baju tabiat nya. Bisa dikatakan hampir setiap suku tabiat yang mendiami satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat, mempunyai baju tabiat yang berbeda pula.

Contohnya suku Sasak yang mempunyai baju tabiat lambung dan baju tabiat pegon. Sedangkan suku tabiat Bima juga mempunyai baju tabiat Rimpu cala dan Tembe me'e. menyerupai apa keunikan baju tabiat tersebut? Silahkan kunjungi halaman ini.


19. Baju Adat Nusa Tenggara Timur (NTT)


Tidak berbeda dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat/NTB, demikian pula dengan keragaman baju tabiat yang kita temui pada banyak sekali suku-suku yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Suku Rote, Suku Sabu, Suku Helong, dan Suku Dawan di NTB mempunyai sebutan dan ragam pakaian tabiat sendiri. Penasaran? Silahkan kunjungi halaman ini.


20. Baju Adat Papua dan Papua Barat


Papua dan Papua Barat yaitu Provinsi yang terletak paling timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Provinsi Papua dan Papua barat mempunyai baju tabiat yang juga cukup unik. Baju tabiat tersebut dibentuk dari materi alami yang diolah dengan cara yang sangat sederhana dan tradisional sampai menghasilkan baju tabiat ciri khas masyarakat Papua dan Papua Barat.


Ada yang unik dari pakaian tabiat Papua dan Papua Barat ini, yaitu dengan melihat gaya pakaiannya kita bisa membedakan seorang perempuan apakah masih gadis atau sudah berumah tangga. Nah.. penasaran? Silahkan kunjungi halaman ini.

Bagaimana Sobat, masih ingin tahu banyak sekali pakaian tabiat Indonesia? Jangan lupa kunjungi pula banyak sekali baju tabiat Indonesia tadi di TradisiKita. Sobat bisa mencoba membuka Bagian ke 1 dan Kedua dari link dibawah ini.


Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5

Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90