Info Terbaru 2022

10 Senjata Tradisional Bali

10 Senjata Tradisional Bali
10 Senjata Tradisional Bali
10 Senjata Tradisional Bali | TradisiKita - Senjata tradisional bisa ditemukan diberbagai kawasan di tanah air, tidak terkecuali di Pulau Bali. Banyak senjata tradisional yang masih memperringan dan sepele ditemukan di Pulau Dewata.  Akan tetapi dari segi fungsinya, banyak senjata tradisional tersebut bergeser atau beralih fungsi. Dari awalnya merupakan senjata untuk mempertahankan diri atau berburu misalnya, ketika ini sudah tidak dilakukan lagi. Melainkan sudah menjadi sebuah benda pusaka, yang dipakai dalam aneka macam ritual di Bali.

Selain berubah fungsi, senjata tradisional tersebut yang berlalu dan silam banyak dimiliki oleh masyarakat, ketika ini tidak tiruana orang memilikinya. Hal ini disebabkan lantaran sudah tertata nya sistem keamanan yang ludang kecepeh baik serta munculnya aneka macam perkakas modern yang mememperringan dan sepelekan kehidupan manusia.

Untuk ludang kecepeh mengenal aneka macam senjata tradisional yang ada di Pulau Bali ini, mari kita simak klarifikasi dibawah ini

Senjata Tradisional Bali



Senjata tradisional yang sanggup ditemukan di Bali, tentu saja bisa juga ditemukan di kawasan lain. Namun demikian, di Bali tentu mempunyai nama tersendiri serta bentuk yang khas kawasan dan budaya Bali.

1. Senjata Tradisional Bali - Keris

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa senjata tradisional di Bali bisa ditemukan juga ditempat atau kawasan lain. Akan tetapi tentu saja Bali mempunyai sesuatu yang khas dan istimewa. Demikian juga dengan keris yang memang banyak ditemukan diseluruh nusantara.

Tidak hanya di Indonesia dimana keris banyak dipakai oleh masyarakat di Pulau Jawa, Madura, Bali/Lombok Sumetara, Sulawesi dan Kalimantan, keris juga bisa ditemukan di Malaysia, Brunai, Thailand dan Filipina.



Keunikan dan kesakralan keris Bali menciptakan orang mencarinya, baik untuk kepentingan ritual atau sekadar untuk dikoleksi. Tak berbeda dengan keris Jawa, abjad utama dari keris Bali ialah lekukan yang diciptakan dalam proses penempaan. Sesuai dengan pakem yang mengikuti keris Jawa, maka jumlah lekukan harus selalu berjumlah ganjil. Pembuat keris berpendapat, keris yang tepat selalu berjumlah ganjil lantaran mempunyai filosofi tertentu.

2. Senjata Tradisional Bali - Tombak


Tombak merupakan senjata perang pada jaman berlalu dan silam kala. Terutama knorma dan sopan santun Nusantara masih terdiri dari kerajaan-kerajaan. Tombak dipakai oleh prajurit kerajaan yang berfungsi sebagai senjata perang.

Penggunaan senjata tombak sebagai senjata perang juga tergambarkan dalam tari Bali yang dikenal dengan nama tari Wirayudha. Tari Wirayudha merupakan tari perang yang ditarikan oleh antara 2 hingga 4 pasang penari laki-laki bersenjatakan tombak. Tari ini menggambarkan sekelompok prajurit Bali Dwipa yang sedang berkemas-kemas untuk maju ke medan perang.


3. Senjata Tradisional Bali - Tiuk


Tiuk merupakan senjata tradisional Bali yang berbentuk pisau. Dalam kehidupan masyarakat Bali, tiuk dipakai sebagai alat memasak, menciptakan sesaji dan keperluan dapur lainnya.


4. Senjata Tradisional Bali - Taji


Taji ialah sebuah senjata yg terbuat dari besi, berbentuk menyerupai jalu ayam yg biasa dipakai pada sebuah permainan tradisional (Tajen) yg diikatkan pada kaki ayam sebagai senjata untuk ayam itu knorma dan sopan santun diadu. Selain itu taji juga dipakai sebagai pertidak ada yang kurangan dalam upacara adatadat tabur roh. Upacara tabur roh sendiri merupakan upacara korban yang dilakukan dengan cara menaburkan darah hewan dan makhluk hidup dengan menyembelihnya.


5. Senjata Tradisional Bali - Kandik


Kandik merupakan senjata tradisional berupa sudang kecepelah kapak. Sesuai dengan bentuknya, senjata kandik ini juga dipakai oleh para laki-laki untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berat, menyerupai halnya membelah kayu, menebang pohon, atau pekerjaan lainnya.

6. Senjata Tradisional Bali - Caluk


Caluk merupakan senjata tradisional berupa sudang kecepelah pisau lengkung dengan kepingan pegangan atau gagangnya yang panjang. Gagang panjang pada senjata caluk ini berfungsi untuk menjangkau kawasan yang jauh dan juga tinggi, menyerupai halnya disaat hendak memotong ranting, memanen buah, dan lain sebagainya.

7. Senjata Tradisional Bali - Penampad

Penampad merupakan nama Bali untuk pisau panjang. Berbentuk menyerupai pisau panjang semacam pedang dan sering dipakai untuk memkebersihankan rumput pada pematang sawah.


8. Senjata Tradisional Bali - Arit


Arit merupakan senjata tradisional yang umum ditemukan di Indonesia, tidak terkecuali di Bali. Arit atau sabit merupakan senjata tradisional Bali yang bentuknya melengkung menyerupai halnya celurit dari Madura yang menjadi salah satu senjata tradisional Jawa Timur. Arit di Bali berfungsi sebagai alat untuk mencari rumput.

9. Senjata Tradisional Bali - Trisula

Trisula atau trishula atau serampang (Sanskerta: trishul) ialah tombak bermata tiga yang secara harfiah berarti tiga tombak.  Trisula ialah senjata Siwa, salah satu dari Trimurti yang sering disembah pada masa kejayaan kerajaan Hindu-Budha di Jawa dan Bali.

10. Senjata Tradisional Bali - Wedhung

Wedhung merupakan senjata tradisional jenis belati (pisau) yang berasal dari Bali. Senjata ini terbuat dari materi logam tempaan dan bergagang kayu yang telah diukir. Wedhung bergotong-royong tidak hanya sanggup ditemukan di Provinsi Bali. Di Cirebon, ditemukan juga sebuah senjata yang mempunyai bentuk serupa. Bedanya ialah pada senjata wedhung Cirebon bilah pisaunya polos, sedangkan senjata wedhung Bali biasanya ditidak ada yang kurangi dengan aneka macam motif yang menambah evaluasi seninya.



Demikian Sobat Tradisi, 10 Senjata Tradisional Bali yang bisa kita ketahui berama. Semoga memberi manfaat.

Referensi :
https://putuseaftyaniewputribali.wordpress.com/2012/12/03/senjata-tradisional-bali/


Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90