Info Terbaru 2022

10 Makanan Khas Papua Dan Papua Barat

10 Makanan Khas Papua Dan Papua Barat
10 Makanan Khas Papua Dan Papua Barat
10 Makanan Khas Papua dan Papua Barat | TradisiKita - Provinsi Papua dan Papua Barat yaitu wilayah NKRI yang terletak di bab timur Indonesia. Kedua provinsi ini mempunyai banyak sekali hal yang unik mulai dari tari-tarian Papualagu kawasan Papua dan senjata tradisional papua.

Namun, ketika ini kita akan membahas tema kuliner khas papua. Makanan khas Papua yang dimaksud disini yaitu kuliner tradisional, camilan bagus maupun oleh-oleh  khas Papua dan Papua Barat.

1. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - PAPEDA


Papeda yaitu kuliner khas Papua dan Papua Barat yang dibentuk dari sagu. Adapun bentuk papeda berupa bubur sagu berwarna putih dengan tekstur yang lengket menyerupai lem. Dari segi rasa, papeda berasa hambar. Memang papeda ini dimakan sebagaimana nasi. Papeda ini disajikan bersama ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit.

 Provinsi Papua dan Papua Barat yaitu wilayah NKRI yang terletak di bab timur Indonesi 10 Makanan Khas Papua dan Papua Barat
Makanan khas Papua - Papeda
2. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Kue Sagu Bagea

Bagea atau camilan bagus sagu ini merupakan camilan bagus tradisional yang merupakan kuliner khas Indonesia timur menyerupai Palopo Sulawesi Selatan, Manado, Bugis, Makasar, Maluku, Maluku Utara dan Papua, Papua Barat.

Kue sagu asal Papua dan Papua Barat ini mempunyai tekstur yang keras dan agak susah digigit tetapi apabila camilan bagus tersebut sudah masuk ke verbal Anda akan bermetamorfosis lembut. Maka dari itu memakan camilan bagus sagu ini dengan kuah ikan kuning sama menyerupai papeda. Makanan khas Papua ini kadang diisi dengan kacang hijau.

3. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Kue Lontar

Kue lontar papua dikenal pula dengan camilan bagus pai susu. Kue khas papua ini berbahan dasar tepung, susu dan gula bertektur lembut dan lumer dimulut. Sangat cocok dikonsumsi sebagai pencuci verbal sesudah makan papeda dengan kuah ikan tongkol.

Kue Lontar | gambar : https://perseagreen.wordpress.com

4. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Aunu Sanebre


Aunu senebre yaitu kuliner khas Papua dan Papua Barat yang dibentuk dari materi dasar ikan teri nasi yang dicampur dengan irisan daun talas. Makanan ini mempunyai tekstur yang tidak kering. Daun talas yang diiris juga menambah rasa gurih dari aunu senebre. Di Papua kuliner khas ini biasanya disantap dengan sepiring papeda atau umbu-umbian.


5. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Ikan Bakar Manokwari

Sesuai dengan namanya, Ikan Bakar Manokwari yaitu kuliner khas Manokwari, Papua. Tidak menyerupai ikan bakar yang biasa kita temui di kebanyakan warung ataupun rumah makan, ikan bakar ini mempunyai rasa khas yang sanggup menciptakan pengecap bergoyang alasannya suplemen sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Ikan yang biasa dijadikan materi kuliner ini yaitu ikan tongkol.


6. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Ikan Bungkus Khas Papua


Ikan bungkus khas papua ini dibentuk dari dua materi yaitu ikan bahari dan daun talas sebagai materi untuk membungkusnya. Bumbu khasnya rempah yang dipakai pun hanya garam untuk memdiberikan rasa asin dan untuk menghilangkan getah pada daun talas yang digunakan. Bahan dan bumbunya sedikit dan cara membuatnya pun sangat sederhana dan gampang. Dalam pembuatanya pertama membersihkankan ikan lalu dimasukkan kedalam daun talas dan ditutup. terakhir dibakar diatas api kecil sampai masak. Ikan Bakar khas papua ini ludang keringh nikmat disajikan hangat-hangat.

6. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Aunuve Habre

Aunuve Habre yaitu kuliner khas Papua yaitu ikan sakalang yang dipotong-potong dibungkus daun talas dan dimasak dengan air dan garam diatas wajan.


7. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Udang Selingkuh

Udang yang satu ini sangat terkenal di kawasan Wamena, Papua Barat. Biasanya udang menduakan digoreng, direbus atau sanggup juga dibakar, sesuai selera. Disebut udang menduakan alasannya bentuk udang ini capitnya menyerupai dengan kepiting.

Udang Selingkuh | Gambar : jejak-bocahilang.com

8. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu yaitu adalah kuliner khas papua dan Papua Barat. Untuk kita yang belum terbiasa melihat gambarnya saja sanggup menghilangkan selera bahkan mungkin ada yang merasa gimana gitu ya?? tapi bagi orang papua dan Papua Barat yang memang sudah biasa, kuliner ini menjadi kuliner yang bergizi.

9. Makanan Khas Papua dan Papua Barat - Petatas

Nah.. kuliner ini memang ada didaerah lain di Indonesia. Tapi di Papua dikenal dengan nama petatas. Apa itu petatas??

Ternyata petatas yaitu ubi jalar, yaitu merupakan salah satu kuliner pokok masyarakat Papua dan Papua Barat.

Petatas | gambar : https://perseagreen.wordpress.com

10. Makanan Khas Papua dan Papua Barat -Martabak Sagu

Berbeda dengan martabak pada umumnya, martabak ini materi dasarmya berupa sagu. Sebagai penambah rasa manis. saus gula merah dituangkan diatas sagu yang sedang digoreng. Tidak ada salahnya bila kau berpergian jauh untuk mengunjungi Papua demi merasakan kuliner khas yang satu ini. Selain teksturnya unik, kuliner orisinil kabupaten Fakfak ini mempunyai cita rasa yang berbeda.


Demikian teman dapur lover, 10 kuliner khas Papua dan Papua Barat yang sanggup kami share. Semoga berguna untuk Sobat yang akan berkunjung ke Provinsi Papua dan Papua Barat.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90